
Go4HealthyLife.com, Jakarta - Jika selama ini banyak pria yang mengonsumsi vitamin tertentu atau multivitamin dengan harapan dapat melindungi mereka dari serangan kanker kandung kemih, mungkin mulai sekarang sebaiknya meninggalkan kebiasaan ini. Mengapa?
Berdasarkan penelitian, vitamin ternyata tidak memberikan perlindungan apapun bagi pria terhadap kemungkinan serangan kanker kandung kemih. Bahkan kebanyakan vitamin justru akan meningkatkan risiko terkena kanker lainnya.
Dalam sebuah studi yang mengamati penggunaan vitamin, tim peneliti menganalisis lebih dari 10.000 kuisioner yang diisi oleh partisipan pria yang menjalani pemeriksaan prostat.
Lebih dari 60% pria itu mengatakan mereka biasa mengonsumsi suplemen, dengan 48% mengonsumsi tiga atau lebih suplemen. Multivitamin, minyak ikan, dan vitamin C adalah suplemen paling umum yang dikonsumsi para pria itu.
"Tingginya prevalensi pemakaian suplemen yang dilaporkan dalam studi ini merupakan keprihatinan," kata tim peneliti.
Sejumlah studi sebelumnya menyebutkan hubungan antara penggunaan multivitamin dan peningkatan risiko kanker prostat stadium lanjut, yang pada riset sebelumnya dikaitkan dengan pria yang mengonsumsi multivitamin tujuh kali atau lebih sepekan.
Para peneliti juga melakukan studi terhadap 77.719 warga Washington yang berusia 50-76, yang mengisi kuisioner pada 2000-2002. Dari para partisipan studi itu, 330 mengalami kanker kandung kemih dalam lima tahun berikutnya. Menurut para peneliti, pemakaian vitamin ternyata tidak menurunkan risiko terkena kanker kandung kemih.