Go4HealthyLife.com, Jakarta - Anda sungkan mendonorkan darah lantaran lokasi donor darah yang jauh? Kini tak ada lasan lagi. Pasalnya Palang Merah Indonesia (PMI) kini melakukan aksi 'jemput bola' dengan meresmikan gerai donor darah di mal.

Menandai hari Donor Darah Sedunia yang diperingati setiap 14 Juni, Ketua umum PMI Jusuf Kalla meresmikan Unit Donor Darah (UDD) di The Hall, Lantai 8 Senayan City. Peresmian dilanjutkan dengan aksi donor darah yang menargetkan mencapai 500 kantong darah.

Dalam waktu dekat, Gerai UDD juga dibuka di Tanah Abang, Universitas Trisakti, Mal Makassar, Universitas Hasanudin (UNHAS) Makassar, Olympic Garden Malang, Universitas 17 Agustus 1945 (UNTAG) Surabaya, dan Universitas Jember.

Gerai UDD akan beroperasi setiap hari selama 8 jam dengan target minimal 50 pendonor setiap hari. Selama beroperasi, Gerai UDD akan dilengkapi dengan petugas pengambil darah, dokter, dan kursi donor.

Diharapkan, para generasi muda juga dapat termotivasi sebagai pedonor darah sukarela yang bisa banyak berperan dalam memenuhi kebutuhan persediaan darah yang sehat, berkualitas, dan mampu menyelamatkan jiwa yang membutuhkan.

Tahun 2010 ini, seperti juga dicanangkan WHO, berbagai kegiatan aksi donor darah di seluruh dunia akan banyak melibatkan kalangan muda.

Di berbagai kesempatan Jusuf Kalla selalu menekankan pentingnya donor darah sebagai bagian dari gaya hidup masyarakat Indonesia.

PMI bergiat menggalang kampanye program donor darah  sebagai salah satu upaya untuk memenuhi kebutuhan darah nasional. Sesuai rasio jumlah penduduk, Indonesia membutuhkan sekitar 4 juta kantong darah pertahun.

"Di Indonesia dengan warganya yang berjumlah 240 juta jiwa dibutuhkan 4 juta kantong darah pertahun. Kita baru bisa memenuhi 3 juta pertahun. Yang satu juta akan kita tingkatkan," kata Jusuf Kalla.

Menurut JK, jika semua pihak sadar akan pentingnya darah, maka kebutuhan darah akan dengan mudah dapat terpenuhi. Sehingga, setiap peristiwa yang membutuhkan pertolongan darah, dengan cepat akan dapat ditolong.

“PMI membuka gerai donor darah di berbagai mal dan kampus. Supaya masyarakat juga mudah mendonorkan darahnya,” ujar JK.