Go4HealthyLife.com - Ways to healthy living through CARE & CURE - http://www.go4healthylife.com
Minum Kopi Lindungi dari Ancaman Kanker Mulut?
http://www.go4healthylife.com/articles/1922/1/Minum-Kopi-Lindungi-dari-Ancaman-Kanker-Mulut/Page1.html
 Redaksi Go4HealthyLife.com
 6 Februari 2012
 
Menurut penelitian, mereka yang terbiasa menikmati kopi memiliki risiko sepertiga lebih rendah untuk terserang kanker mulut atau tenggorokan daripada mereka yang tidak minum kopi.

Go4HealthyLife.com, Jakarta - Menurut penelitian, mereka yang terbiasa menikmati kopi memiliki risiko sepertiga lebih rendah untuk terserang kanker mulut atau tenggorokan daripada mereka yang tidak minum kopi.

Peneliti dari Universitas Utah di Salt Lake City telah menemukan bukti yang menunjukkan bahwa beberapa bahan dalam kopi dapat mengurangi risiko kanker mulut. Bahan kimia, cafestol dan kahweol, dianggap paling mungkin menjadi unsur-unsur bermanfaat, karena mereka memiliki sifat anti-kanker.

Chief Executive British Dental Health Foundation, Dr Nigel Carter mengatakan, "Banyak orang menikmati kopi, tapi sering khawatir tentang risiko yang terjadi pada kesehatan mereka, misalnya tekanan darah tinggi. Tapi mungkin penelitian ini menunjukkan bahwa minum kopi sesungguhnya dapat memiliki efek yang menguntungkan."

Mereka yang minum kopi kurang dari lima cangkir sehari juga lebih mungkin didiagnosis dengan penyakit. Risiko kanker mulut sedikit menurun dengan setiap cangkir kopi yang mereka minum.

Kanker mulut merupakan salah satu kanker yang paling cepat berkembang di Inggris, dengan sekitar 5.000 orang didiagnosa setiap tahun, demikian seperti dilansir Femalefirst.

Kanker mulut biasanya lebih sering terjadi pada pria lebih dari 40. Namun disinyalir belakangan ini jumlah perempuan dan orang-orang muda yang didiagnosis meningkat.

Tembakau masih dianggap sebagai penyebab utama untuk kanker mulut. Tembakau dan alkohol berkontribusi untuk setidaknya tiga-perempat dari kasus. Namun, efek perlindungan dari kopi tidak berkurang pada perokok atau peminum.

Virus HPV, yang ditularkan melalui seks oral, baru-baru ini telah diidentifikasi sebagai faktor risiko utama dan diet yang tidak sehat juga dapat berkontribusi. Lembaga tersebut menyarankan perbanyak konsumsi buah-buahan, sayuran, ikan dan telur, karena bukti yang menunjukkan dapat menurunkan risiko penyakit tersebut.

Nigel Carter menekankan bahwa deteksi dini sangat penting. Dr Carter menambahkan bahwa kesempatan untuk bertahan hidup dapat meningkat jika penyakit ini terdeteksi awal.

Awal gejala kanker mulut termasuk antara lain sariawan yang tidak kunjung sembuh, belang merah atau putih di mulut, pembengkakan yang tidak biasa, atau benjolan di dalam mulut. Jika Anda menderita gejala-gejala tersebut, disarankan mengunjungi dokter gigi Anda. Informasi lebih lanjut dapat ditemukan di www.mouthcancer.org.