Go4HealthyLife.com, Jakarta – Sejumlah seleb Hollywood mengandalkan cuka apel (apple cider vinegar) untuk membantu menurunkan berat badan. Namun menurut pakar nutrisi, hal tersebut tidaklah efektif.

Para pendukung diet cuka apel mengklaim bahwa minum cuka sari apel sebelum makan atau minum suplemen cuka sari apel membantu mengekang nafsu makan dan membakar lemak. Namun, hanya sedikit dukungan ilmiah untuk klaim ini.

Meskipun penggunaan berkala dari cuka apel ini aman bagi sebagian besar orang, namun tampaknya hal itu tidak menyebabkan penurunan berat badan. Bahkan mengonsumsi cuka apel bisa menimbulkan masalah tersendiri, misalnya:

1. Cuka apel mengandung tingkat keasaman yang tinggi. Hal ini dapat mengiritasi kerongkongan jika diminum dalam frekuensi sering dan dalam jumlah besar.
2. Cuka apel mungkin berinteraksi dengan suplemen tertentu atau obat, termasuk diuretik dan insulin, karena berkontribusi untuk menurunkan kadar potasium.

“Ingatlah, tidak ada peluru ajaib untuk menurunkan berat badan secara instan,” pesan Katherine Zeratsky, R.D., L.D., ahli nutrisi dari Mayoclinic.com. ‘Kunci utama untuk menurunkan berat badan adalah membakar lebih banyak kalori dibandingkan yang dikonsumsi.”

Selain itu, pilih makanan sehat seperti buah-buahan, sayur mayur, biji-bijian utuh dan sumber protein dari daging putih, juga aktivitas fisik dalam rutinitas sehari-hari. Lebih masuk akal kan?