Go4HealthyLife.com, Jakarta – Tingkat harapan hidup warga Amerika mengalami sedikit penurunan pada 2008 menjadi 77,8 tahun, penurunan pertama sejak 2004, sedangkan stroke turun menjadi penyebab kematian utama keempat di Negeri Paman Sam.

Dengan demikian, bayi yang lahir pada 2008 memiliki tingkat harapan hidup lebih rendah sekitar satu bulan dari bayi yang lahir pada 2007, menurun dari angka tertinggi 77,9 tahun yang dicapai pada 2007.

Perubahan ini sangat kecil secara statistik, kata Arialdi Minino, yang memimpin studi untuk U.S. Centers for Disease Control (CDC) dan Prevention's National Center for Health Statistics.

Kelompok peneliti yang dipimpin Minino ini juga mengamati angka kematian yang telah disesuaikan untuk penduduk yang menua. Dalam hal risiko kematian pada tahun tertentu, 2008 tidak banyak berubah dibandingkan 2007.

CDC mengatakan bahwa secara keseluruhan, perempuan diharapkan dapat hidup selama 80,3 tahun dan laki-laki 75,3 tahun.

"Saya pikir cerita yang lebih penting adalah penurunan kasus stroke. Ini menjadi penyebab kematian utama ketiga selama 50 tahun sejak kami memeringkat penyakit yang menjadi penyebab utama kematian," ujar Minino.

Kematian yang diakibatkan stroke mengalami penurunan 3,8 persen antara 2007 hingga 2008.

Posisi stroke digantikan oleh penyakit saluran pernapasan bagian bawah kronis, seperti asma, emfisema dan bronkitis, yang melonjak 7,8 persen pada 2008, meskipun peningkatan ini mungkin disebabkan sebagian oleh perubahan cara CDC dalam menghitung jumlah kematian tersebut.

Penyakit jantung dan kanker tetap menjadi dua pembunuh papan atas, yang berperan dalam 48 persen dari semua kematian di AS pada 2008.

Kesenjangan tingkat harapan hidup antara warga kulit hitam dan kulit putih di Amerika Serikat sedikit menyempit selama periode itu, yaitu turun menjadi 4,6 pada 2008, atau mengalami penurunan 0,2 tahun setelah tingkat harapan hidup untuk laki-laki kulit hitam mencapai angka tertinggi sepanjang waktu, yaitu 70,2 tahun.

Sementara itu tidak ada perubahan dalam tingkat harapan hidup bagi perempuan kulit hitam, yakni tetap 76,8 tahun.

Adapun rincian lain dari laporan tersebut meliputi:

* Tingkat kematian turun untuk enam dari 15 penyebab utama kematian: penyakit jantung, kanker, stroke, diabetes, pembunuhan dan kecelakaan.

* Kematian akibat Alzheimer, flu dan pneumonia, tekanan darah tinggi, bunuh diri dan penyakit ginjal, semuanya meningkat pada 2008.

* Angka kematian bayi turun 2,4 persen pada 2008 ke level terendah sepanjang waktu yakni 6,59 kematian bayi per 1.000 kelahiran hidup. Cacat lahir adalah penyebab utama kematian bayi pada 2008, diikuti oleh masalah yang berkaitan dengan kelahiran prematur dan berat lahir rendah.

Sindrom kematian bayi mendadak, atau SIDS, adalah penyebab utama ketiga kematian bayi di Amerika Serikat.