Go4HealthyLife.com, Jakarta - Menurut sebuah penelitian, Air Susu Ibu (ASI) dapat disimpan di lemari pendingin hingga empat hari tanpa kehilangan nilai gizi atau memungkinkan bakteri berkembang.

Pedoman penyimpanan yang aman untuk ASI agak berbeda. Tapi secara umum ASI dapat didinginkan pada suhu  39 derajat Fahrenheit selama lima sampai delapan hari, meskipun idealnya harus digunakan dalam waktu dua atau tiga hari.

Namun, banyak penelitian tentang penyimpanan ASI berfokus pada risiko penumpukan bakteri, dan bukan integritas keseluruhan susu, demikian menurut para peneliti yang dipimpin oleh Dr Richard J. Schanler dari North Shore University di Manhasset, New York.

Untuk mempelajari pertanyaan, para peneliti menyimpan sampel ASI dari 36 ibu-ibu dalam lemari pendingin satu unit perawatan intensif neonatus (NICU). Susu, ibu yang dikumpulkan dengan pompa payudara sekitar satu bulan setelah melahirkan, disimpan di 39 derajat F dan diuji setelah 24, 48, 72 dan 96 jam.

Selama waktu itu, para peneliti menemukan tidak atau hanya terjadi sedikit perubahan pada komposisi ASI, termasuk jumlah bakteri, tingkat keasaman, protein sistem kekebalan dari ibu, manfaat asam lemak dan protein.

Temuan menunjukkan bahwa air susu segar dapat didinginkan hingga 96 jam tanpa mengorbankan integritas, demikian menurut laporan dalam Journal of Pediatrics.

Saat menyimpan ASI di lemari pendingin, umumnya para ahli menyarankan menggunakan wadah kaca atau plastik yang bersih, kering yang bebas dari kimia bisphenol A.

Setiap wadah harus diberi label dengan tanggal dan ditempatkan di bagian belakang lemari es ditetapkan pada 39 derajat F atau lebih dingin.