Go4HealthyLife.com - Ways to healthy living through CARE & CURE - http://www.go4healthylife.com
Banyak Mandi Matahari Cegah Multiple Sclerosis?
http://www.go4healthylife.com/articles/3705/1/Banyak-Mandi-Matahari-Cegah-Multiple-Sclerosis/Page1.html
 Redaksi Go4HealthyLife.com
 10 Februari 2011
 
Orang yang  menghabiskan waktu lebih banyak  di bawah sinar matahari dan orang-orang dengan kadar vitamin D lebih tinggi mungkin rendah risikonya terkena multiple sclerosis (MS).

Go4HealthyLife.com, Jakarta - Orang yang  menghabiskan waktu lebih banyak  di bawah sinar matahari dan orang-orang dengan kadar vitamin D lebih tinggi mungkin rendah risikonya terkena multiple sclerosis (MS), demikian menurut sebuah penelitian di Australia.

Studi sebelumnya telah menunjukkan bahwa orang yang tinggal dekat dengan khatulistiwa kurang mungkin untuk mendapatkan MS dibandingkan orang-orang di lintang yang lebih tinggi. Perbedaan ini dapat dijelaskan oleh paparan sinar matahari lebih banyak dan lebih tinggi kadar vitamin D.

Menurut laporan yang dipublikasikan di Neurology, Robyn Lucas dari The Australian National University dan koleganya mempelajari 216 orang dewasa yang baru saja mulai mengalami gejala pertama dari MS antara 2003 dan 2006.

Mereka juga menemukan kelompok pembanding hampir 400 orang dari daerah yang sama di Australia, yang cocok dengan subjek dalam umur dan jenis kelamin, tetapi tidak memiliki tanda-tanda atau gejala MS.

Peserta di kedua kelompok ditanya berapa banyak waktu yang telah mereka habiskan di bawah sinar matahari dan di mana mereka telah tinggal di berbagai titik dalam kehidupan mereka. Kerusakan kulit dari sinar matahari dan tingkat vitamin D dalam darah mereka juga diperiksa.

Rata-rata, orang-orang dengan tanda-tanda pertama MS telah terkena "dosis UV" dalam jumlah sedikit, berdasarkan seberapa banyak waktu yang mereka telah habiskan di bawah sinar matahari dan seberapa dekat dengan garis khatulistiwa di mana mereka telah tinggal selama hidup mereka.

Orang dengan gejala MS awal, kurang dari separuhnya memiliki tingkat kerusakan kulit yang disebabkan oleh paparan sinar matahari, dengan kadar vitamin D 5 sampai 10 persen lebih rendah dibandingkan pasien tanpa MS.

"Penelitian kami adalah yang pertama yang mengamati paparan sinar matahari dan status vitamin D pada gejala pertama yang mungkin mendahului perkembangan MS," kata Lucas seperti dilansir Reuters Health, Selasa (8/2).

Penelitian terkini itu tidak membuktikan bahwa yang terkena sinar matahari sangat sedikit atau memiliki tingkat vitamin D rendah menyebabkan MS, dan sementara penulis berusaha untuk menunjukkan bahwa kedua paparan sinar matahari dan vitamin D mempengaruhi tingkat risiko MS sendiri, beberapa ahli meragukan bahwa ini mungkin.

"Mereka mungkin memiliki peran independen, tetapi kenyataannya sangat sulit untuk memilah," kata Alberto Ascherio, yang mempelajari hubungan antara vitamin D dan MS di Harvard School of Public Health dan tidak terlibat dalam penelitian ini.

Dia mencatat bahwa para penulis tidak tahu kadar darah tingkat vitamin D peserta selama hidup mereka.

Karena paparan sinar matahari berhubungan dengan risiko lebih tinggi terkena kanker kulit, lebih banyak waktu di luar (untuk mendapatkan sinar matahari) tidak selalu lebih baik. Juga tidak berarti setiap orang harus berkelimpahan vitamin D, kata para ahli kesehatan.

Pesan utama dari studi ini, kata Lucas, adalah bahwa "sejumlah kecil paparan sinar matahari ... yang sering dilakukan, kemungkinan optimal, baik untuk menjaga tingkat vitamin D dan untuk efek kesehatan lainnya."