Go4HealthyLife.com, Jakarta – Mengalami keguguran saat kehamilan yang begitu diharapkan memang berat. Terutama jika kehamilan itu memang sudah dinantikan sejak lama. Umumnya pertanyaan yang muncul adalah berapa lama untuk mulai hamil lagi?

Organisasi Kesehatan Dunia (WHO) merekomendasikan bahwa pasangan sebaiknya menunggu minimal 6 bulan pasca keguguran untuk mencoba hamil lagi.

Sebuah riset yag dipublikasikan di British Medical Journal mempertanyakan rekomendasi yang masih berlaku tersebut. Studi tersebut mengamati hampir 31.000 perempuan yang mengalami keguguran antara 1981-2000.

Hasilnya? Perempuan yang mencoba hamil dalam 6 bulan pasca keguguran risiko untuk keguguran lagi menurun. Mereka yang hamil dalam 6 bulan setelah keguguran juga jarang harus melahirkan melalui bedah cesar, persalinan prematur atau bayi lahir dengan berat badan rendah. Namun demikian, perempuan pada kelompok ini cenderung melahirkan dengan cara induksi. Perempuan yang mencoba hamil dua tahun atau lebih pasca keguguran pertama lebih mungkin mengalami  kehamilan ektopik (telur yang dibuahi menempel di lokasi abnormal) atau berakhir dengan keguguran lagi.

Apakah ini berarti lampu hijau untuk hamil kembali setelah keguguran? Tidak. Selain rekomendasi WHO, para dokter kebidanan dan kandungan menyarankan untuk menunggu dua atau tiga siklus haid sebelum mencoba hamil kembali. Ini memberikan kesempatan tubuh, khususnya dinding rahim (endometrium) untuk pulih dan siap mempertahankan kehamilan selanjutnya. Ini juga memberikan pasangan waktu untuk mempersiapkan emosi pada upaya kehamilan selanjutnya, demikian seperti dilansir WebMD.