Go4HealthyLife.com - Ways to healthy living through CARE & CURE - http://www.go4healthylife.com
Kikis Berat Badan Ampuh Kurangi Sakit dari Osteoarthritis
http://www.go4healthylife.com/articles/3789/1/Kikis-Berat-Badan-Ampuh-Kurangi-Sakit-dari-Osteoarthritis-/Page1.html
 Redaksi Go4HealthyLife.com
 21 Februari 2011
 
Mengurangi berat badan dinilai sebagai cara eektif untuk membantu mengurangi rasa sakit yang dialami oleh orang gemuk yang menderita osteoarthritis lutut.

Go4HealthyLife.com, Jakarta - Mengurangi berat badan dinilai sebagai cara eektif untuk membantu mengurangi rasa sakit yang dialami oleh orang gemuk yang menderita osteoarthritis lutut.

Hal itu tergambar dari hasil studi terbaru yang melibatkan 24 orang dewasa gemuk berusia 30 sampai 67 tahun, dan mereka menderita osteoarthritis lutut yang menjalani operasi penurunan berat badan (operasi bariatrik). Dalam studi itu, lutut para pasien diperiksa sebelum operasi dan pada enam dan 12 bulan setelah operasi.

Pasien yang kehilangan berat badan rata-rata 25,8 kg dalam waktu enam bulan setelah menjalani operasi bariatrik menunjukkan perbaikan yang signifikan dalam rasa sakit di lutut mereka, kekakuan dan juga fungsi fisiknya, kata para peneliti. Para pasien ini juga mengalami peningkatan dalam kualitas hidup, kemampuan untuk melakukan tugas sehari-hari dan aktivitas olahraga.

Menurut para peneliti, tidak satu pun pasien yang menjalani perawatan lain untuk mengatasi osteoartritis lutut mereka.

Temuan ini dipresentasikan dalam ajang American Orthopaedic Society for Sports Medicine's Specialty Day pada akhir pekan lalu.

"Setiap individu mengalami perbaikan dalam rasa sakit yang mereka alami setelah menjalani operasi penurunan berat badan," kata ketua tim peneliti, Christopher Edwards, dari Penn State College of Medicine.

Namun, diperlukan penelitian lebih lanjut untuk menyelidiki apakah perbaikan dalam gejala arthritis lutut ini terus bertahan dari waktu ke waktu dan apakah cara ini juga ampuh bagi mereka yang hanya memiliki kelebihan berat badan, bukan obesitas.