Go4HealthyLife.com, Jakarta - Ejakulasi dini adalah hal yang paling memalukan bagi laki-laki, terutama jika memuaskan pasangan adalah tujuan utama saat bercinta.

Ejakulasi dini atau gagal mencapai klimaks saat bercinta dapat merusak sebuah hubungan. Selain menggunakan obat, adakah cara lain agar pria bisa bertahan lebih lama saat bercinta?

Dr Hernando Chaves, seksolog Askmen.com mengungkapkan pertanyaan yang paling banyak diajukan oleh pasien prianya adalah mengenai ejakulasi dini.

“Bagi sebagian besar pria, ejakulasi dini menjadi pengalaman yang sangat memalukan dan seperti awan gelap yang menyelimuti sisi psikologisnya,” kata dr Chaves.

Sayangnya, tidak ada cara instan untuk memulihkan gangguan ejakulasi ini. Upaya yang bisa dilakukan untuk mencegah ejakulasi dini adalah dengan latihan Kegel.

“Latihan Kegel membantu menguatkan otot di daerah kemaluan dan menjadi fondasi dari kontrol ejakulasi. Namun harus diingat, bahwa latihan ini saja tidak menjadi jaminan ejakulasi dini bisa tuntas ditangani,” kata dr Chaves.

Ada berbagai jenis teknik yang dapat membantu laki-laki mengontrol ejakulasi yang dibutuhkan dan percaya diri bisa bertahan lama saat bercinta dengan pasangan.

Upaya lainnya adalah menggunakan alat masturbasi yang bisa menjadi sarana belajar untuk mencapai dan mempertahankan kadar sensasi tinggi saat mendekati ejakulasi. Namun alat itu tidak secara ajaib bisa secara ‘ajaib’ membuat Anda bertahan lama, meskipun ada kemungkinan dengan bantuan alat tersebut membuat Anda bisa sedikit tersenyum lega.

Butuh lebih dari satu alat untuk melatih penis agar tahan lama.  Anda dapat menggunakan alat desensitizing (untuk mengurangi kepekaan) penis dengan memakai kondom, atau ejakulasi sebelum melakukan hubungan seks. Cara ini bisa dicoba.

Latihlah tubuh Anda (berolahragalah) dan seiring itu, dapatkan kepercayaan diri Anda. Namun jika masalah ejakulasi dini tidak juga pergi setelah semua saran di atas dicoba, silakan kunjungi dokter untuk pemeriksaan lebih lanjut.