Go4HealthyLife.com, Jakarta - Sebutir apel setiap hari dapat menjauhkan kita dari penyakit. Mungkin pepatah itu ada benarnya. Pasalnya makan 75 gram apel dapat membantu menurunkan kadar kolesterol jahat dalam tubuh.
Tim peneliti dari Florida State University, Amerika Serikat menyatakan dalam waktu enam bulan terlihat kadar kolesterol jahat atau LDL (low density lipoprotein) yang menyumbat arteri, turun hampir seperempat. Level senyawa lain yang terkait dengan penyakit jantung dan stroke juga turun. Sedangkan kadar kolesterol baik atau HDL (high density lipoprotein) yang mencegah pengerasan pembuluh darah, naik sekitar empat persen.
Peneliti juga mencatat bahwa perempuan yang mengonsumsi 75 gram apel dalam sehari, berat badannya turun 1,3 kilogram, meskipun mereka mendapat tambahan 240 kalori dalam sehari karena mengonsumsi buah.
Efek turunnya kolesterol diketahui karena kandungan antioksidan yang tinggi pada apel. Lalu, berat badan bisa turun karena kandungan pectin pada apel yang bisa menekan nafsu makan. Kandungan pektin (pada kulit apel) yang tinggi juga ditemukan dalam aprikot, wortel dan buah jeruk.
"Kami tidak menyangka konsumsi apel bisa mengurangi kolesterol sebesar ini, hasilnya sangat mengagumkan," kata Dr Bahram Arjmandi, salah satu peneliti, seperti dikutip dari Dailymail.
Meskipun percobaan terfokus pada konsumsi buah kering, tetapi efek positif dari konsumsi apel juga sama bagi mereka pecinta apel segar. Itu karena teksturnya yang lebih renyah, mengandung banyak air dan lebih sehat.
Tim peneliti berencana menggunakan informasi ini untuk menciptakan apel 'ekstra sehat' dalam waktu lima tahun, yang akan diperjualbelikan secara bebas.
Sekarang ini peneliti sedang berusaha mengembangkan apel merah super yang kaya nutrisi untuk mencegah penyakit mata dan sendi, menangkal penyakit jantung, kanker, Alzheimer dan diabetes.