Go4HealthyLife.com - Ways to healthy living through CARE & CURE - http://www.go4healthylife.com
Penyakit Nyeri Sendi Bisa Dicegah
http://www.go4healthylife.com/articles/4206/1/Penyakit-Nyeri-Sendi-Bisa-Dicegah/Page1.html
 Redaksi Go4HealthyLife.com
 17 April 2011
 
Sendi merupakan bagian tubuh yang secara terus menerus mengalami tekanan saat menjalankan aktivitas sehari-hari, jadi jika tidak dirawat dengan baik serta mendapatkan nutrisi yang tepat dapat menimbulkan nyeri, rasa tidak nyaman dan terbatasnya gerakan.

Go4HealthyLife.com, Jakarta - Sendi merupakan bagian tubuh yang secara terus menerus mengalami tekanan saat menjalankan aktivitas sehari-hari, jadi jika tidak dirawat dengan baik serta mendapatkan nutrisi yang tepat dapat menimbulkan nyeri, rasa tidak nyaman dan terbatasnya gerakan.

Osteoarthritis (OA) merupakan penyakit degeneratif kronis yang mengakibatkan rasa nyeri pada sendi akibat rusaknya jaringan tulang rawan yang terletak di antara tulang dan sendi. Terdapat sedikitnya 360 juta orang di seluruh dunia yang menderita arthritis.

Hasil studi yang dilakukan oleh Darmawan, dkk pada penelitian yang dilakukan di sejumlah 1671 penderita astritis di perkotaan, sebanyak 29 % adalah wanita dan 25 % adalah pria mengalami nyeri pada sendi peripheral .

Dr. dr. Aris Wibudi, SpPD, KEMD, mengungkapkan osteoarthitis dapat disebabkan oleh beragam faktor dan biasanya terjadi akibat beban dan penggunaan sendi yang berlebihan serta proses penuaan.

Seiring dengan pertambahan usia, kemampuan tubuh untuk memperbaiki jaringan tulang rawan sendi dan memproduksi glukosamin menurun, sehingga mengakibatkan kerusakan dan terkikisnya jaringan tulang rawan sendi . Penyakit ini juga dapat menimpa kelompok usia muda akibat beragam faktor seperti obesitas, aktifitas fisik yang terus menerus yang berlebihan dan trauma.

Menurut dr Aris, gejala-gejala yang berkaitan dengan osteoarthritis dapat berupa nyeri, bengkak, terasa kaku dan tidak lentur pada area yang sakit. Osteoarthitis dapat terjadi di segala bagian sendi namun tangan, kaki, lutut, tulang belakang dan panggul adalah bagian yang paling sering terkena.

“Melakukan pencegahan terhadap penyakit osteoarthritis merupakan kunci utama untuk menjamin kesehatan sendi. Perubahan dapat dilakukan untuk mencapai hal tersebut seperti menjaga berat badan yang ideal dan memperkuat otot-otot penyangga sendi serta berolahraga secara teratur dan terukur,” ujarnya di Jakarta, baru-baru ini.

Medical Marketing Manager Fonterra Brands Indonesia, dr. Muliaman Mansyur mengungkapkan bahwa menjaga kesehatan tulang dan sendi sejak dini sangat berdampak besar dalam mencegah kemungkinan seseorang mengalami penyakit tulang dan sendi di masa mendatang. Pada bagian tertentu sendi secara terus menerus mengalami tekanan dan stres akibat aktivitas sehari-hari tubuh yang berkisar 2 hingga 5 kali berat tubuh.

Seperti halnya tulang membutuhkan rangkaian nutrisi penting seperti kalsium dan vitamin D, sendi membutuhkan glukosamin, yang dipercaya dapat mencegah kerusakan jaringan tulang rawan dan dapat membantu mengatasi gejala arthritis.

Banyak orang tidak menyadari bahwa dengan menjaga kesehatan tulang dan sendi sepanjang hidup, mereka dapat mencegah osteoarthtits dan penyakit lain yang berkaitan tulang dan sendi misalnya osteoporosis.