Go4HealthyLife.com, Jakarta - Senam atau latihan Kegel ternyata tidak hanya berguna untuk para wanita yang iingin melatih di sekitar panggul lebih kuat sehingga hubungan intim bersama pasangan bisa lebih memuaskan. Nyatanya pria yang sulit ereksi atau mengalami emasalah ejakulasi dini juga bisa terbantu dengan latihan Kegel tersebut.

Menurut dr Rachmad Wisnu Hidayat, SpKO, pakar kedokteran olahraga dari Universitas Indonesia, pada pria senam Kegel baru akan terasa manfaatnya jika punya masalah ejakulasi dini maupun disfungsi ereksi. Pada pria tanpa masalah ejakulasi dini atau ereksi, latihan Kegel berfungsi untuk mempertahankan ‘kenormalan’ saja.

Latihan Kegel pada pria juga harus dilakukan secara bertahap untuk mendapatkan hasil optimal.

Tahap awal dilakukan sambil buang air kecil, yakni dengan sesekali menghentikan aliran berkemih lalu menahannya selama 10 detik.  Sesudah terampil menghentikan berkemih, tahapan ditingkatkan dengan melakukan gerakan serupa namun tidak sambil buang air kecil. Prinsipnya sama, yaitu dengan melakukan kontraksi otot pada bagian-bagian yang sama dengan yang dilakukan ketika menahan berkemih.

Karena latihan ini relatif ringan, tidak ada batasan usia untuk melakukannya. “Senam Kegel bisa dilakukan oleh laki-laki sejak umur berapa pun,” kata dr Wisnu.

Teknik senam Kegel yang mudah dilakukan caranya adalah kontraksikan otot seperti menahan kencing untuk awalnya selama 5 detik, kemudian kendurkan. Terus ulangi latihan tersebut setidaknya lima kali berturut-turut dengan meningkatkan lama waktu menahan kencing 15-20 detik.

Latihan ini tergolong mudah karena bisa dilakukan kapan saja dan hanya membutuhkan waktu beberapa menit. Latihan bisa dilakukan di kursi kerja, sambil duduk, sambil berjalan, sambil berdiri, atau berbaring.

Secara prinsip, tidak ada perbedaan teknik pada senam kegel untuk laki-laki maupun perempuan. Gerakan dasarnya adalah menggerakkan otot-otot panggul seperti saat menahan kencing, kemudian menahannya selama beberapa saat sebelum dilepaskan kembali.

Pada perempuan, gerakan-gerakan senam kegel bisa memperkuat otot panggul sehingga sangat bermanfaat bagi yang punya hernia atau memiliki masalah dengan dasar panggul. Bisa juga untuk mengencangkan kembali vagina yang mulai longgar, khususnya setelah melahirkan.

Pada laki-laki, latihan Kegel kurang populer meski berbagai penelitian membuktikan cara ini cukup efektif mengatasi ejakulasi dini. Dengan melatih otot-otot di sekitar panggul, seorang laki-laki jadi lebih mampu mengontrol waktu yang tepat untuk ejakulasi.

Manfaat senam Kegel dibuktikan dalam sebuah penelitian tahun 2005 yang dilakukan oleh Dr Grace Dorey, fisioterapis dari Taunton’s Somerset Nuffield Hospital.

Eksperimen tersebut melibatkan 55 orang laki-laki berusia rata-rata 59 tahun, dengan riwayat disfungsi ereksi selama 6 bulan atau lebih. Hasilnya sebanyak 40 persen partisipan bisa ereksi dengan normal (besar dan keras); sebanyak 35,5 persen partisipan ereksinya membaik; sementara 25,5 persen partisipan tidak membaik.