Go4HealthyLife.com, Jakarta – Orang yang mengalami tekanan darah tinggi alias hipertensi sebaiknya membatasi makanan yang mengandung sodium yang banyak terdapat pada garam.

Untuk menjaga tekanan darah, ada sejumlah makanan yang sebaiknya tidak dikonsumsi, atau jumlahnya dikurangi oleh mereka yang mengidap hipertensu, demikian menurut Healthcentral. Apa saja jenisnya? Simak paparannya di bawah ini:

1. Acar.
Makanan tersebut memang rendah kalori yang baik untuk tubuh, tetapi memiliki kandungan sodium yang tinggi. Satu porsi acar mentimun bisa mengandung 570 mg sodium. Hal itu setara dengan sepertiga dari jumlah maksimum sodium per hari (2300 mg).

2. Kentang goreng.
Meski beberapa restoran menggoreng dengan minyak yang bebas lemak trans, kandungan lemak dan sodiumnya masih tinggi. Penyajian kentang goreng ukuran sedang mengandung 270 mg sodium dan 19 gram lemak.

3. Daging asap.
Tiga potong daging asap mengandung 270 mg sodium dan 4.5 gram lemak.  Daging burung bisa menjadi alternatif ketimbang daging asap.

4. Susu.
Makanan sumber kalsium, tetapi tinggi lemak. Dalam segelas susu terkandung 8 gram lemak dan 5 gram lemak jenuh. Lemak jenuh tak baik bagi pengidap penyakit jantung dan berbahaya bagi orang yang memiliki tekanan darah tinggi.

5. Donat.
Sebuah donat sudah bisa menghasilkan 200 kalori dengan 12 gram lemak.

6. Mie instan.
Mudah untuk membuatnya dan rasanya nikmat. Tetapi sebungkus mie instan mengandung 14 gram lemak dan 1.580 sodium.

7. Margarin.
 Bagi orang dengan tekanan darah tinggi, mereka harus memastikan bahwa margarin tak mengandung lemak jenuh. Bacalah kemasannya guna memastikannya.

8. Gula.
Yang dimaksud adalah makanan dengan kalori ekstra  dan gula. Misalnya cookies dan cokelat batangan, keduanya dapat menyebabkan obesitas. Makanan tersebut berpotensi meningkatkan tekanan darah.  Kelebihan berat badan membuat banyak sumbatan di jantung dan memperlambat kerja darah.

9. Alkohol.
Konsumsi alkohol dapat meningkatkan tekanan darah tinggi. Selain itu, alkohol juga merusak dinding pembuluh darah.

10. Daging merah.
Komposisi dari sebuah diet yang menyehatkan harus menyertakan lemak jenuh yang rendah. Bagi orang dengan tekanan darah tinggi hindari daging merah.