Go4HealthyLife.com, Jakarta - Gaya hidup yang tidak sehat bisa jadi pemicu utama munculnya gangguan tekanan darah tinggi (hipertensi) yang belakangan banyak menimpa kaum muda.

Cara terbaik menjaga kondisi tekanan darah agar tetap stabil adalah dengan berolahraga. Lebih aktif secara fisik bisa membantu membuat jantung lebih kuat. Hal ini akan membuat jantung memompa lebih banyak darah dengan kerja yang lebih sedikit. Sehingga, menurunkan tekanan pada arteri, yang berdampak mengurangi tekanan darah, demikian menurut Healthmeup.com.

Lima latihan terbaik bagi penderita darah tinggi yang bisa Anda lakukan antara lain:

1. Aerobik
Latihan aerobik berpengaruh besar pada kadar tekanan darah Anda. Aerobik ini termasuk berjalan, berlari dan hiking, bersepeda dan berenang. Targetnya, minimal 30 menit aktivitas aerobik dalam satu hari, selama satu minggu.

2. Latihan beban
Meskipun latihan ini dapat menyebabkan lonjakan tiba-tiba pada tekanan darah, tetapi terdapat manfaat jangka panjang. Pastikan Anda berkonsultasi dengan dokter sebelum melakukan latihan beban.

3. Yoga dan meditasi
Salah satu pemicu darah tinggi adalah manajemen stres yang buruk. Jika saat stres, tekanan darah Anda cenderung meningkat cobalah lakukan yoga dan meditasi. Latihan ini bisa membantu Anda menangani stres.

4. Teknik pernapasan
Berdasarkan penelitian yang dipublikasi dalam American Journal of Hypertension, seseorang dapat mengatur tingkat tekanan darah dengan "memanfaatkan" regulator tekanan alami tubuh.

Teknik pernapasan merupakan cara paling mudah dan efektif untuk mengurangi level tekanan darah. Teknik pernapasan yang teratur dan tepat dapat membantu Anda mempertahankan tekanan darah normal.