Go4HealthyLife.com - Ways to healthy living through CARE & CURE - http://www.go4healthylife.com
Kebiasaan Mengejutkan yang Merusak Gigi
http://www.go4healthylife.com/articles/4842/1/Kebiasaan-Mengejutkan-yang-Merusak-Gigi/Page1.html
 Redaksi Go4HealthyLife.com
 8 November 2011
 
Menurut sebuah penelitian, apel tak begitu sehat ketimbang permen ketika dilihat dari sudut pandang kesehatan gigi.

Go4HealthyLife.com, Jakarta - Mungkin Anda pikir mengonsumsi apel akan membuat gigi lebih sehat. Namun sebuah penelitian yang dilakukan oleh King’s College London Dental Institute, apel tak begitu sehat ketimbang permen ketika dilihat dari sudut pandang kesehatan gigi. Yang mengejutkan, dampak berbahaya dari apel pada gigi adalah empat kali lebih besar ketimbang minuman ringan.

Dari penelitian tersebut diketahui bahwa ada setidaknya lima hal yang memberikan dampak buruk pada gigi anda, yaitu :

1. Makan apel
Menurut para ilmuwan ada beberapa jenis apel yang mengandung empat sendok teh gula yang dapat meningkatkan keasaman mulut. Ini tentu saja akan memberikan dampak buruk bagi kesehatan gigi. Meski begitu, apel juga memiliki kalsium yang dikenal mampu menetralisir asam dan menguatkan jaringan tulang, termasuk gigi. Menurut David Barlett, kepala departemen Prosthodontics di King’s College, masalahnya bukanlah apa  yang kita makan, tetapi bagaimana kita memakannya. Ketika sesorang makan sebutir apel secara perlahan, tingkat keasaman yang tinggi berpotensi kuat merusak gigi. Temuan ini disimpulkan berdasarkan sebuah penelitian dalam sebuah penelitian dari 1000 orang yang berusia 18 hingga 30 tahun. Para peneliti sangat tertarik dengan hubungan antara apa yang dikonsumsi oleh para responden dan masalah pada gigi dan gusi. Hasil penelitian mendapati para responden yang menyukai apel memiliki 3,7 kali risiko lebih besar mengalami kerusakan gigi.

2. Waspadai minuman
Anggur, bir, dan jus buah membuahkan risiko empat kali lebih tinggi merusak gigi, apalagi jika dikonsumsi secara regular. Meski demikian, jus buah masih menjadi minuman paling sehat dibandingkan dengan lainnya. Untuk menikmatinya, gunakan sedotan dan memilih buah yang segar tanpa menambahkan gula.

3. Sereal
Mengapa sereal masuk daftar hitam para dokter gigi? Tampaknya bentuk sereal yang batangan itu mengandung gula dalam jumlah besar yang tak baik bagi kesehatan gigi.

4. Menggosok gigi setelah makan
Menggosok gigi secepatnya setelah makan tak akan bermanfaat, malahan bisa membahayakan gigi. Ketika makan, glazur gigi dilembutkan dengan asam sehingga hal itu sangat rentan dan rapuh. Anda hanya akan menciptakan kerusakan lebih jauh jika menggosok gigi sesegera mungkin setelah makan. Waktu terbaik jika ingin menggosok gigi adalah 30 menit setelah makan.

5. Apakah permen karet bisa merusak gigi?
Tampaknya hal itu masih memuat kontroversi. Ada dokter gigi yang mengatakan permen karet baik bagi gigi, sementara lainnya mengatakan sebaliknya. Menurut Dr.Junket dari Universitas Boston, permen karet bebas gula, utamanya yang memiliki rasa buah, mengandung tingkat asam yang tinggi. Asam ini akan menyebabkan glazur gigi dan meningkatkan kerusakan gigi. Meski demikian, penelitian lain menunjukan bahwa mengunyah permen karet setelah makan dan ngemil, dapat mengurangi risiko kerusakan gigi hingga 40 persen.