Go4HealthyLife.com, Jakarta – Saat bercinta, misalnya melakukan seks oral, tak jarang sperma ikut ‘tertelan’. Mungkin banyak yang bertanya-tanya, apakah dampaknya bagi kesehatan jika menelan sperma. Apakah ada risiko khusus yang menyertainya?

Dr Hernando Chaves, seksolog, dalam uraiannya di Askmen.com menyatakan  air mani memang bisa berdampak buruk bagi kesehatan, yaitu bisa mbawa infeksi menular seksual.  Jika ada luka terbuka atau daerah dari mulut atau tenggorokan yang lecet, kemungkinan proses transmisi bisa lebih tinggi saat melakukan seks oral dan sperma ikut tertelan. “Bahkan berkumur cepat atau menyikat gigi dapat membuka rute transmisi  penularan sebelum sperma itu tertelan,” kata Dr Chaves.

Ada juga beberapa orang, baik pria dan wanita, yang alergi sperma. Komunitas medis masih mempelajari fenomena yang agak baru dan belum sepenuhnya memahami atau menjelaskan mengapa atau bagaimana proses ini terjadi. Meskipun jarang, beberapa orang akan mengalami gejala seperti flu, mual, nyeri, gejala fisik, sakit kepala, dan reaksi yang tidak diinginkan lainnya saat menelan sperma.

Sementara beberapa orang hanya merasa jijik oleh rasa, tekstur, atau bau air mani. Beberapa individu memiliki respon psikosomatis untuk air mani, yang berarti pikiran mereka menghasilkan respon fisik sebagai reaksi: Menolak menelan air mani atau muntah sesudahnya. (foto: Google).