Go4HealthyLife.com, Jakarta - Tren apa yang kini tengah diminati di dunia kecantikan? Ternyata puting payudara berwarna pink yang merona cerah banyak diminta para konsumen yang mengunjungi dokter bedah plastik dan estetik.

Puting payudara berwarna pink itu memang sedang diminati perempuan, termasuk perempuan Indonesia. “Permintaannya tinggi sekali. Padahal orang Indonesia memang pigmen melaninnya lebih banyak ketimbang Kaukasia. Jadi secara alami puting payudara berwarna cokelat, bukan pink,” kata Sekjen Perhimpunan Dokter Spesialis Bedah Plastik Rekonstruksi dan Estetik Indonesia (PERAPI) dr. Irena Sakura Rini, Sp.BP dalam temu media di Jakarta, Kamis (2/5).

Dikatakan Irena, putting payudara berwarna pink bisa diperoleh dengan menggunakan obat yang berfungsi menipiskan kulit di area puting. “Karena kulit yang lebih menipis, jadi puting terlihat lebih berwarna cerah. Namun sebagai dokter bedah saya tak menyarankan membuat putting payudara pink dengan cara seperti itu karena akan mengganggu kulit di area puting. Lebih baik kebersihan di area ini ditingkatkan untuk menambah kecerahannya,” kata Irena.

Sedangkan untuk memerahkan bibir yang belakangan banyak diiklankan di media massa, hal itu bisa dilakukan dengan menggunakan tinta khusus. “Sejauh tinta jenis ini sudah mendapat izin edar dari Badan Pengawas Obat dan Makanan (BPOM) seharusnya aman. Namun disarankan masyarakat untuk berkonsultasi dengan dokter ahli," kata Irena seraya menambahkan, "Jangan membeli tinta pemerah bibir atau pencerah puting yang dijual secara bebas secara online atau di toko obat yang tak bisa dipertanggungjawabkan kandungannya."