Go4HealthyLife.com, Jakarta - Pola makan, gaya hidup dan rajin mengkonsumsi sayuran dan buah diyakini dapat menangkal timbulnya kanker, tak terkecuali kanker payudara. Tapi ada juga obat yang bukan khusus kanker payudara tapi dapat mengurangi risiko munculnya penyakit yang paling ditakuti kaum Hawa ini.

Menurut sebuah studi terbaru di Amerika Serikat, beberapa obat untuk pembentuk tulang yang biasanya digunakan untuk mencegah dan mengobati osteoporosis, ternyata berkhasiat juga untuk mengurangi risiko kanker payudara.

Dalam studi yang melibatkan 6.000 wanita asal Wisconsin berusia 20 hingga 69 tahun, ditemukan bahwa mereka yang mengkonsumsi obat bisphosphonate, misalnya Fosamax, Boniva dan Zometa selama lebih dari dua tahun, sepertinya risiko untuk terkena kanker payudara turun sebesar 40% dibandingkan dengan wanita yang tak menggunakan obat-obat pembentuk tulang itu.

Namun, efek perlindungan terhadap sel kanker payudara itu sepertinya hanya efektif pada wanita yang tidak mengalami obesitas.

"Wanita obesitas mungkin sudah mengalami kenaikan kadar estrogen, sehingga dukungan hormon itu mungkin telah mempengaruhi kemampuan bisphosphonate untuk mengurangi risiko kanker payudara," papar penulis hasil studi, Polly Newcomb, yang juga kepala program pencegahan kanker di Fred Hutchinson Cancer Research Center di Seattle.

Tetapi, mengenai bagaimana obat bisphosphonate ini dapat mempengaruhi risiko kanker payudara, sejauh ini masih belum jelas, meski terdapat beberapa kemungkinan, menurut tim peneliti dalam British Journal of Cancer.

"Obat-obat ini mungkin mempengaruhi fungsi sel dan penting dalam pertumbuhan dan kematian sel, terutama kematian tumor atau bahkan penyakit premalignant," sebut Newcomb.

Sementara dalam beberapa studi sebelumnya ditemukan bahwa beberapa jenis bisphosphonate dapat memicu kematian sel tumor, mencegah tumor mendapatkan pasokan darah dan menghambat sel kanker menyatu dengan lainnya.