Go4HealthyLife.com, Jakarta - Kadang secara tak sengaja, anak-anak dan orang dewasa menelan benda asing. Lantas, apa yang harus dilakukan? Jika orang dewasa atau anak menelan benda asing, yang bisa dilakukan adalah secepatnya menemui dokter.

Jika benda asing itu menyebabkan tersedak, dan harus secepatnya ditolong sebelum bisa menghubungi dokter, Palang Merah Amerika merekomendasikan prosedur “lima-dan-lima” sebagai pertolongan pertama. Yang bisa dilakukan untuk ini seperti disarankan Mayoclinic.com adalah:

1. Berikan 5 kali pukulan/tepukan pada punggung. Pertama, berikan lima pukulan antara tulang belikat orang yang tersedak dengan menggunakan tumit tangan.
2. Berikan 5 kali sodokan/dorongan perut. Lakukan lima gerakan sodokan perut (juga dikenal sebagai manuver Heimlich).
3. Lakukan prosedur tersebut secara alternatif hingga penyumbatan hilang.

Jika Anda hanya seorang diri, lakukan pukulan punggung dan sodokan perut sebelum menelpon bantuan darurat lokal. Jika ada orang lain bersama Anda, minta orang tersebut untuk menelpon bantuan darurat medis sementara Anda melakukan pertolongan pertama.

Asosiasi Jantung Amerika tidak menganjurkan teknik pukulan punggung, hanya prosedur dorongan perut. Anda tidak perlu melakukan teknik pukulan punggung jika belum mempelajari teknik tersebut.

Bagaimana saat harus melakukan manuver Heimlich pada orang lain? Caranya sebagai berikut:
1. Berdirilah di belakang orang tersebut. Lingkarkan tangan Anda di sekitar pinggangnya, dan dorong orang tersebut maju sedikit.
2. Buatlah kepalan dengan menggunakan satu tangan. Posisikan kepalan di atas pusar orang yang tersedak.
3. Pegang kepalan dengan tangan yang lain. Tekan keras ke perut dengan dorongan yang cepat ke arah atas – seolah-olah Anda mencoba untuk mengangkat seseorang ke atas.
4. Lakukan total 5 sodokan perut jika diperlukan. Jika penyumbatan (tersedak) masih terjadi, ulangi kembali siklus lima-dan-lima.

Sebuah versi modifikasi dari teknik ini kadang kadang diajarkan untuk digunakan pada orang hamil dan obesitas. Penyelamat akan menempatkan tangannya di tengah dada untuk menekan (mengkompresi), bukan pada perut orang hamil/obesitas.

Melakukan manuver Heimlich pada diri sendiri bisa dilakukan meskipun Anda mungkin akan kesulitan untuk memukul punggung sendiri. Lakukan teknik sodokan perut untuk mengusir benda yang membuat tersedak:
1. Tempatkan kepalan tangan sedikit di atas pusar.
2. Pegang kepalan tangan Anda dengan tangan yang lain sambil membungkuk pada permukaan yang keras (meja atau kursi).
3. Sodok kepalan tangan Anda ke dalam dan ke atas.