Go4HealthyLife.com, Jakarta - Jika mendapati kulit bayi Anda gatal kemerahan atau mengalami ruam popok, besar kemungkinan kulit buah hati Anda sensitif.

Ada bermacam faktor yang menyebabkan kulit bayi sensitif bermasalah, salah satunya adalah sabun cuci. Meski kelihatan tak mungkin, tapi deterjen kerap memicu ruam pada kulit sensitif, meskipun deterjen itu khusus buat bayi.

Jadi, meski sudah memakai deterjen khusus bayi untuk mencuci pakaian momongan Anda, belum tentu dapat 'membersihkan' semuanya, karena gangguan kulit jelas masih butuh dibersihkan dari kulit mulus bayi.

The Nemours Foundation mengatakan bahwa penggunaan deterjen khusus bayi sebenarnya tidak terlalu perlu, karena bisa saja deterjen biasa justru tak menyebabkan masalah.

Jika Anda ingin mencoba mencuci pakaian bayi dengan deterjen biasa, tes satu pakaian dulu sebelum mencuci semua pakaian bayi Anda. Nah, jika Anda tak menemui  masalah pada kulit bayi Anda, maka Anda mungkin bisa mencuci seluruh pakaian bayi dengan deterjen keluarga.

Tapi ingat, meski deterjen biasa bisa untuk mencuci pakaian bayi, jangan biasakan mencampur pakaian kotor anggota keluarga yang lain dengan pakaian si kecil saat mencuci, terutama popok. Untuk popok kain, cucilah dengan sabun cuci khusus bayi dan dicuci secara terpisah, sementara pakaian yang lain bisa dicuci menggunakan deterjen biasa.

Khusus untuk popok kain, bahan pengharum yang ada pada deterjen biasa dapat menyebabkan ruam kulit. Dan The Nemours juga menyarankan untuk mencuci popok kain

dengan air panas dan dikeringkan agak lama dengan mesin cuci, yaitu bisa dengan dua kali putaran.