Go4HealthyLife.com, Jakarta - Wanita yang mempertahankan kebiasaan 'payudara sehat' tertentu diyakini dapat menurunkan risiko terkena kanker payudara, sekalipun kerabat dekat mereka menderita kanker payudara.

Lalu, apa ketiga kebiasaan sehat itu? Berdasarkan studi terbaru, wanita menopause yang rutin melakukan aktivitas fisik atau berolahraga, menjaga berat badan normal dan minum alkohol dalam takaran sedang, hampir dipastikan mereka akan terlindungi dari serangan kanker payudara.

"Apakah Anda memiliki riwayat keluarga keluarga atau tidak, risiko kanker payudara akan lebih rendah bagi wanita yang menjalani serangkaian kebiasaan sehat ini dibandingkan dengan wanita yang tidak melakukan ketiga kebiasaan itu," kata ketua tim peneliti, Dr. Robert Gramling, profesor kedokteran keluarga di University of Rochester Medical Center di New York, dalam studinya yang diterbitkan dalam jurnal Breast Cancer Research.

Gramling ingin mengetahui dampak dari kebiasaan gaya hidup terhadap risiko kanker payudara, sebab ia menduga sejumlah wanita yang memiliki riwayat keluarga bisa yakin mereka memiliki risiko kanker payudara yang berada di luar kendali mereka.

Dalam studinya, Gramling menganalisis data dari wanita AS berusia 50 hingga 79 tahun yang terlibat dalam studi Women's Health Initiative yang dimulai pada 1993. Selama penelitian berdurasi 5,4 tahun itu, tercatat 1.997 wanita didiagnosis kanker payudara invasif.

Gramling mengecualikan wanita yang memiliki riwayat pribadi kanker payudara atau dengan riwayat keluarga kanker payudara yang baru muncul (didiagnosis sebelum usia 45), dan kemudian mereka diobservasi mengenai dampak dari kebiasaan sehat yang mereka lakukan.

Mengecualikan mereka yang memiliki riwayat keluarga kanker payudara yang baru muncul cukup masuk akal, karena komponen genetik yang lebih kuat (dibandingkan dengan lingkungan) diperkirakan berperan penting dalam awal mulanya muncul kanker payudara.

Mengikuti ketiga kebiasaan sehat ini dapat menurunkan risiko kanker payudara bagi wanita baik yang memiliki maupun yang tidak memiliki riwayat keluarga kanker payudara yang muncul belakangan. "Bagi wanita yang memiliki riwayat keluarga dan mematuhi ketiga kebiasaan sehat ini, sekitar enam dari setiap 1.000 wanita terkena kanker payudara setelah satu tahun," tuturnya.

Sebagai perbandingan, sekitar tujuh dari 1.000 wanita terkena kanker payudara setiap tahun jika mereka memiliki riwayat keluarga yang muncul belakangan dan tidak mematuhi satupun dari ketiga kebiasaan sehat itu. 

Di antara wanita yang tidak memiliki riwayat keluarga yang mematuhi ketiga kebiasaan sehat itu, sekitar 3,5 dari setiap 1.000 wanita didiagnosis kanker payudara setiap tahun, dibandingkan dengan sekitar 4,6 per 1.000 wanita per tahun untuk mereka yang tidak memiliki riwayat keluarga yang tidak mengikuti satupun dari ketiga kebiasaan sehat itu.

Untuk studi ini, Gramling menilai aktivitas fisik secara rutin itu berarti melakukan olahraga selama 20 menit sedikitnya lima kali sepekan. Untuk asupan alkohol moderat adalah minum kurang dari tujuh gelas sepekan. Sedangkan untuk berat badan sehat atau normal adalah berat badan yang tercatat dalam indeks massa tubuh (BMI) sebesar 18,5 hingga di bawah 25.     

Gramling berharap penelitiannya ini dapat mengubah pikiran wanita yang memiliki ibu atau saudara perempuan yang terkena kanker payudara bahwa sudah nasib mereka untuk terkena serangan penyakit ini juga di kemudian hari.

Sementara itu, American Cancer Society memberikan panduan untuk mengurangi risiko kanker payudara, yang meliputi membatasi konsumsi alkohol menjadi tak lebih dari satu gelas sehari, menjaga berat badan normal dan melakukan aktivitas fisik selama 45 hingga 60 menit selama lima hari atau lebih dalam sepekan.